INFORMASI, BERBAGI, dan NIAGA

Cara Menghitung Hasil Jangka Sorong

Hai, adik-adik? Kali ini kakak membawakan rumus dan contoh cara membaca hasil jangka sorong. Pembelajaran ini biasanya sedang dipelajari oleh anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Agar lebih mudah membayangkannya kakak akan berikan gambar jangka sorong yang umumnya keluar dalam soal-soal latihan atau ulangan bahkan ujian.

Langkah-langkah yang harus adik lakukan agar dapat membaca jangka sorong adalah
•    Lihat skala utama, sobat lihat nilai yang terukur yang lurus dengan angka nol di skalanonius. Bisa menunjukkan posisi berhimpit dengan garis pada skala utama bisa juga tidak. Jika tidak ambil nilai skala utama yang terdekat di kirinya. Pada tahap ini sobat hitung baru mendapatkan ketelitian sampai 1 mm
•    Lihat Skalanonius, carilah angka pada skalanonius yang berhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini punya ketelitian hingga 0,1 mm
•    Jumlahkan
Jika, adik belum mengerti. Kakak menyiapkan contoh soal supaya mudah dimengerti.
 
 
    
Jawaban :
Lingkaran Biru : 5, 3 “sekian” cm, sekian akan kita dapatkan di lingkaran “merah”
Lingkaran Merah : 5
Jadi hasilnya  = 5,35 cm
b. Contoh soal dalam bentuk tulisan

Seperti telah disebutkan di atas, ketelitian jangka sorong atau skala terkecil jangka sorong adalah 0,01 cm. Misalkan dari sebuah pengukuran yang dilakukan diperoleh nilai panjang sebuah pelat besiadalah 1,48 cm. Angka ini, yang diperoleh dari hasil pengukuran tadi, masih dipandang sebagai nilai pendekatan saja. Jadi nilai "aslinya" panjang pelat besi berapa, belum tahu juga karena jika diukur dengan alat yang lebiht eliti lagi akan diperoleh hasil yang berbeda.

Maka penyajian atau pelaporan datanya adalah :
(1,48 ± 0,005) cm

atau seperti berikut juga boleh, menyesuaikan jumlah decimal depan dan belakangnya:
(1,480 ± 0,005) cm

dan bukan seperti berikut:
(1,48 ± 0,01 ) cm


Coba sekali lagi,..gapa kebenda langsung digeser saja ya, kalo yang begini ini panjang bendanya berapa? Sebagian angka tertutup ndhak keliatan.


Salaah,..panjang benda bukan 2,45 cm,... kita tak tau panjang bendanya, org ndhak ada bendanya gitulho,....hehe….
Tag : Sekolah
0 Comments for "Cara Menghitung Hasil Jangka Sorong"

Back To Top