INFORMASI, BERBAGI, dan NIAGA

5 Macam Sikap Tangan Dalam Tari Jawa



IMAGINA,- Hai, adik-adik ! kakak kembali dengan topic baru yang akan kita bahas. Topiknya adalah pembelajaran Seni Budaya dan Kesenian. Mata pelajaran SBK sangat erat dengan karya tangan atau tari-menari. Nah, untuk artikel ini kakak membahas sikap tangan dalam tarian Jawa.

    Sikap tangan dalam tari Jawa memiliki beberapa macam yang 5 diantaranya akan diulas habis pada artikel kakak kali ini. Semoga dapat membantu.

1.      Nyekithing
Nyekithing yaitu dimana ruas ibu jari bersinggung dengan ruas jari tengah paling depan, jari-jari lain-nya melengkung searah jari tengah. Digunakan dalam tari-tari yang biasa dimainkan oleh wanita. Sikap tangan seperti ini, merupakan sikap tangan tersulit dari survey beberapa orang.


2.      Ngruji atau Ngrayung
Ngruji atau Ngrayung adalah saat semua jari rapat tegak lurus kecuali ibu jari yang ditekuk merapat ke telapak tangan. Tangan kanan dan kiri tidak berbeda. Sikap ini cukup mudah dilakukan, sehingga banyak digunakan dalam berbagai tarian.


3.      Naga Rangsang
Naga Rangsang Yaitu keempat jari tangan rapat lurus keatas, ibu jari dengan jari jari telunjuk membentuk sudut 90 derajat. Meskipun cukup sulit, sikap ini juga digunakan dalam beberapa tarian Jawa.

4.      Nyempurit
ibu jari tangan menempel pada bagian  tengah jari tengah merupakan sikap yang dinamakan sikap tangan nyempurit. Sikap ini tidak sulit dan juga tidak mudah. Dalam artian sedang, membuat sikap tangan nyempurit ini banyak diguakan dalam berbagai tari-an.

5.      Kepelan
Kepelan dilakukan dengan mengepalkan seluruh jari tangan merapat ke telapak tangan. Sikap ini adalah sikap yang paling mudah dilakukan dibandingkan sikap tangan yang lain. Meskipun amat mudah, sikap ini tidak banyak digunakan dalam tarian Jawa.

Nah, itulah 5 macam sikap tangan dalam tari Jawa. Semoga membantu ya adik adik. Terima kasih kunjungannya.
Tag : Sekolah
7 Comments for "5 Macam Sikap Tangan Dalam Tari Jawa"

Bagus, menambah pengetahuan

makasih atas sarannya bs menambah ilmu pengetahuan

Sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita

Menambah wawasan kita untuk mengenal macam macam gerakakan dalam tarian

Trima kasih infonya kita bs menambah ilmu dan jd tau bermacam" gerakkan tari

Terimakasih atas semua saran dan infonya,karna ini sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita

Back To Top