INFORMASI, BERBAGI, dan NIAGA

Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Deskriptif ?



Hai adik-adik? Sekali lagi, kita membahas yang ada dalam pembelajaran usia Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Jika diwaktu lalu kita membahas pelajaran IPA, sekarang kita akan membahas pelajaran Bahasa Indonesia. Dan yang akan menjadi topic adalah teks deskripif. Mungkin, dari adik-adik yang sedang mengunjungi blog ini, ada yang belum paham tentang apa itu Teks Deskriptif. Oleh karenanya, untuk awalan kita akan belajar mengerti definisi teks deskripsi.

Teks Deskriptif adalah menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah untuk menggambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu. Bisa dikatakan juga bahwa Descriptive text adalah teks yang menjelaskan tentang seperti apakah orang atau benda yang dideskripsikan, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain.Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks.

Dengan kata lain, kalimat deskripsi merupakan kalimat yang melukiskan sesuatu, menyatakan apa yang diindra, melukiskan perasaan, dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat. Ciri-ciri teks deskriptif:
a. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
b. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.
c. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
d. Struktur:
-identifikasi,
-klasifikasi, dan
-deskripsi bagian.
Isi:
Identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut.
klasifikasi berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok, dsb.,
deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut. 

Contoh Teks Deskriptif :
HARIMAU
Harimau (Pantheratigris) digolongkan kedalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumla hempat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera danJawa.

Berdasarkan teks “Harimau” di atas, kalimat deskripsinya adalah sebagai berikut.
(a) Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
(b) Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna
hitam.
(c) Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.

Semoga artikel ini dapat membantu adik-adik dalam belajar.




Tag : Sekolah
0 Comments for "Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Deskriptif ?"

Back To Top