INFORMASI, BERBAGI, dan NIAGA

Ini Dia Langkah yang Harus Dijalankan Saat Membuka Usaha Warnet

IMAGINA , Warnet - Semua orang pasti tahu jika warnet adalah sebuah tempat yang memiliki fasilitas untuk mengakses internet dengan sistem berbagi koneksi sehingga biaya yang diperlukan juga relatif murah. Namun, bagi mereka yang hendak membuka usaha warnet, ada baiknya mempertimbangkan beberapa langkah sederhana ini seperti :

1.      1.  Mempelajari Lapangan
Studi lapangan ini menjadi hal utama dan pertama yang harus dilakukan mengingat banyaknya pengunjung sangat tergantung dari mudahnya akses seseorang untuk datang. Yang pertama adalah apakah lokasi tersebut dilewati oleh kendaraan umum atau tidak. Selain itu, pertimbangkan juga apakah lokasi warnet nantinya dekat dengan perkantoran, Bank, mini market atau pemukiman penduduk. Mengapa? Karena faktor tersebut bisa dijadikan indikasi potensi yang dimiliki dalam hal ini kemampuan ekonomi.

2.     2.   Biaya Listrik
Membayar biaya listrik sangat dipengaruhi oleh kebutuhan listrik dari usaha warnet yang dijalankan. Pastinya, untuk mengkalkulasi biaya listrik yang dibutuhkan adalah seberapa besar kebutuhan akan daya listrik. Dan ini tergantung dari jumlah pemakaian item seperti PC, layar komputer, lampu indoor dan outdoor, scanner, printer hingga kipas atau AC.
Jika dirasa tidak mencukupi, maka sebaiknya ambil tindakan untuk menurunkan pemakaian listrik. Sebut saja menggunakan monitor LCD, mengatur pendingan udara hingga mematikan komputer yang tidak digunakan.

3.     3.   Layanan yang Ditawarkan
Tidak sedikit usaha warnet memberi jenis layanan lain selain akses internet. Adapun cara ini memberi kontribusi terhadap kemajuan usaha seperti mengurangi biaya listrik, atau memberi keuntungan lebih. Bahkan, ada beberapa kasus jika pelayanan penunjang ini memberi keuntungan yang lebih dibandingkan dengan warnet yang dijalankan.

Apa saja layanan tersebut? Bisa dengan menawarkan jasa pengetikan, edit foto, pencetakan, pemindaian, pembakaran CD ke DVD hingga pengunduhan berkas. Tentu saja, Anda tak perlu mengerjakan sendiri namun dengan cara membuka lowongan pekerjaan dengan syarat lulusan SMA. Karena pekerjaan ini tidak membutuhkan keahlian khusus tapi ketekunan.


Sebenarnya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, namun setidaknya dengan tiga langkah tersebut akan membuka mindset saat membuka warnet. Hal ini penting mengingat modal yang dibutuhkan relatif cukup besar. 
Tag : Warnet
0 Comments for "Ini Dia Langkah yang Harus Dijalankan Saat Membuka Usaha Warnet "

Back To Top