INFORMASI, BERBAGI, dan NIAGA

8 FAKTOR PENENTU BESAR KECILNYA TAGIHAN LISTRIK ANDA

IMAGINA , ppob - Sebelum menghitung biaya tagihan listrik yang sudah di pakai pada bulan lalu maka sebaiknya anda mengetahui dulu beberapa factor yang menjadi acuan besar kecilnya tagihan listrik anda, Diantaranya : 

1. biaya Beban (Abonemen), adalah biaya yang besarnya berdasar pada kelompok tarif (daya kontrak 
yang terpasang). Besar biaya ini terus tetap untuk satu periode sepanjang tak ada perubahan Tarif dasar Listrik  (TDL). 
Misal biaya Beban berdasar pada TDL 2004 : 
- Kelompok Tarif R1 450 VA (Rumah Tangga) Biaya Beban Rp 11. 000, - 
- Kelompok Tarif R1 900 VA (Rumah Tangga) Biaya Beban Rp 20. 000, - 
- Kelompok Tarif R1 1300 VA (Rumah Tangga) Biaya Beban Rp 30. 100, - 

2. Biaya Penggunaan (kWh), adalah biaya penggunaan daya listrik yang dihitung berdasarkan pada penggunaan sepanjang periode tertentu serta dicatat lewat kWh mtr.. Besar biaya penggunaan ini beragam untuk tiap-tiap kelompok tarif. 

3. Biaya kelebihan Penggunaan KVArh (umumnya dikonsumsi oleh non rumah tangga), adalah biaya yang dikenakan pada pelanggan dengan kelompok tarif S-3, B-3, I2-, I-3, I-4, P-2 T dan C. biaya ini dikenakan bila penggunaan KVArh dalam 1 bln. melebihi 62% dari jumlah kWh yang dikonsumsi sehingga factor  daya (Cos F - Cossinus Phi) ) rata-rata kurang dari 0, 85. 

4. Biaya Penggunaan Trafo (umumnya dikonsumsi oleh non rumah tangga), adalah biaya yang dikenakan pada pelanggan yang memperoleh pasokan listrik dengan memakai trafo milik PLN. 

5. Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU), adalah biaya untuk penerangan jalan umum. biaya ini dipungut oleh Pemerintah Daerah (lewat PLN) serta masuk ke kas Pemda. Pajak PJU beragam pada tiap-tiap propinsi antara 3% hingga 10%. 

6. Biaya Materei, adalah biaya untuk kelengkapan administrasi yang besarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni Rp 3. 000 untuk besar tagihan pada Rp 250. 000 hingga Rp 1 Juta, JIka tagihannya lebih dari 1 juta maka biaya materainya Rp. 6000
7. Pajak Pertambahan Nilai (PPN), adalah biaya sebesar Rp 10% dari jumlah tagihan yang dikenakan pada konsumen dengan kelompok tarif R-3. 

Total semua itu merupakan jumlah tagihan yang dikenakan kepada konsumen, , jika anda bayar di loket PPOB atau pun di Bank maka anda akan dikenakan lagi dengan biaya admin bank, dan besarnya sangat bervariasi antara Rp. 1600 s.d Rp. 5000

Itulah kenapa  tagihan listrik tiap rumah bisa berbeda-beda, selanjutnya kita  ke Cara menghitung Tagihan Listrik anda  ( Postingan selanjutnya )

Tag : PPOB
0 Comments for "8 FAKTOR PENENTU BESAR KECILNYA TAGIHAN LISTRIK ANDA"

Back To Top