INFORMASI, BERBAGI, dan NIAGA

Subsidi Listrik Rumah Tangga 450-900 VA Bakal Dicabut?

Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengusulkan pencabutan subsidi listrik untuk kelompok 450 voltampere (VA) -900 VA dalam Biaya Pendapatan Berbelanja Negara (APBN) 2016.

Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman menyampaikan, usulan ini bakal di sampaikan pada DPR. Bila disetujuin, pencabutan itu bakal dikerjakan dengan cara bertahap.

" Subsidinya ditarik dengan cara bertahap. Jadi direncanakan 450 VA-900 VA. Namun tetap masih ada subsidi. Dengan cara berbarengan kelak pemerintah mulai ganti dengan kartu segera. Namun subsidi itu masih tetap ada. Kan tak dapat segera ditarik. Mustahil dong, " katanya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Dia menuturkan, argumen pencabutan ini dikerjakan dengan cara bertahap karena harga keekonomian untuk listrik kelompok itu masih tetap termasuk tinggi, hingga mustahil pemerintah segera mencabutnya sekalian.

" Saat ini harga nya 450 VA-900 VA harga keekonomian Rp 1. 500. Mustahil segera ditarik. Itu kelak bakal diusulkan dikurangi dengan cara bertahap. Kelak kita ngomong dahulu sama DPR. Kita telah mengusulkan kenaikan mengecil bertahap, " lanjutnya.

Disamping itu, latar belakang pemerintah mencabut subsidi listrik ini lantaran ada kelompok orang-orang yang mempunyai rumah kian lebih satu. Hal semacam ini bermakna kelompok orang-orang itu nikmati subsidi semakin banyak dari yang lain.

" Kan banyak orang-orang yang tempat tinggalnya tiga hingga empat yang gunakan listrik 900 VA. Bila melalui kartu, dia kan hanya dapat terima satu rumah. Bila saat ini kan banyak tempat tinggalnya tiga hingga empat itu bisa seluruhnya. Jadi agar lebih pas tujuan, " terang dia.

Jarman juga mengungkap step pencabutan ini bakal dilihat dari kekuatan orang-orang. Pihaknya mengusulkan sekurang-kurangnya dikerjakan per tiga bln..

" Itu kelak dapat per tiga bln.. Bergantung kekuatan orang-orang. Kan tidak dapat kan orang-orang segera dicabut sekalian. Lalu disubsidi ditarik bertahap. Untuk orang-orang yg tidak dapat sekali, jadi bakal diberikan kartu, " tandasnya. (Dny/Ndw)


Sumber  : http://bisnis.liputan6.com/read/2253372/subsidi-listrik-rumah-tangga-450-900-va-bakal-dicabut
Tag : PPOB
0 Comments for "Subsidi Listrik Rumah Tangga 450-900 VA Bakal Dicabut?"

Back To Top