INFORMASI, BERBAGI, dan NIAGA

2015, Benarkah Penjualan Komputer Tablet Bisa Saingi PC?

IMAGINA , Komputer - Teknologi mengalami perkembangan yang hampir mirip dengan industri fashion dimana model terbaru demikian cepat diluncurkan di pasaran. Begitu juga dengan perangkat komputer yang saat ini masih didominasi oleh komputer pribadi atau PC. Namun, seiring dengan data yang didapat dari berbagai sumber, terdapat pergeseran yang cukup signifikan yaitu penjualan yang semakin meningkat untuk komputer tablet. Sebuah kekhawatirankah?

Adalah sebuah lembaga riset, Gartner, menyatakan jika terdapat peningkatan pada penjualan komputer Tablet di tahun 2014 sementara di sisi penjualan PC malah stabil. Pertumbuhan ultramobiles diindikasi menjadi salah satu penyebab menurunnya pembelian laptop tradisional atau desktop.
Memang, secara data penjualan PC sepanjang tahun 2014 ini masih berada diatas Tablet. Namun, diperkirakan di tahun 2015 nanti pengguna komputer Tablet akan terus bertambah atau sekitar 320 juta dibandingkan dengan 316 juta untuk PC. Artinya, penjualan semakin meningkat untuk Tablet seiring dengan cepatnya satu produk dirilis dengan fitur canggih dan berteknologi tinggi.

Memang, ini tak terlepas dari berbagai fitur menarik yang disertai dengan kemudahan dalam menggunakannya. Kegiatan outdoor menjadi pemicunya sehingga mau tak mau PC menjadi satu peralatan ‘tua’ yang harus ditinggalkan. Belum lagi berbagai software yang terkadang begitu sulit untuk diaplikasikan namun dalam sebuah bisnis sangatlah dibutuhkan.

Daya saing akan semakin ketat terjadi seiring dengan hadirnya watch digital yang bisa mewakili kebutuhan si pengguna. Adalah Apple, yang menjadi produsen ternama untuk urusan smartwatch yang membuat kebutuhan akan PC semakin diabaikan. Berbagai fitur terutama kesehatan disematkan di jam pintar ini. Ditambah lagi, Google Android yang turut merajai pasaran diperkirakan menambah daftar penyebab turunnya penjualan PC di seluruh dunia.


Pastinya, berangkat dari kenyataan diatas tentu pelaku usaha harus bisa bersiap mulai dari sejak dini. Mengantisipasi segala hal sangatlah diperlukan mengingat konsumen memiliki kecenderungan untuk memilih apa yang sedang trend. Meski demikian, bukan berarti di tahun 2015 nantinya bisnis komputer pribadi akan suram mengingat di tahun itu masih akan tetap terjadi penjualan meski nilainya mengalami penurunan. 
Tag : Komputer
0 Comments for "2015, Benarkah Penjualan Komputer Tablet Bisa Saingi PC?"

Back To Top